Efek Sinar Matahari Berlebih

Apakah anda adalah orang yang memiliki segudang aktivitas diluar rumah? Atau anda termasuk orang yang suka beraktifitas diluar ruangan? Padatnya aktivitas pekerjaan maupun kegemaran beraktifitas diluar, tentu membuat anda dituntut untuk dapat ‘beradaptasi’ dengan kondisi cuaca, polusi udara, dan tak luput dari sengatan sinar matahari yang berada di sekitar anda. Seharian beraktivitas diluar ruangan membuat anda perlu memiliki perlindungan ekstra untuk memelihara kondisi tubuh serta kesehatan kulit agar tetap terjaga.

Sengatan sinar matahari berlebih saat berada diluar ruangan dapat membuat tubuh terasa lemas serta dapat membawa dampak lain bagi kondisi kulit. Tahukah anda bahwa paparan sinar matahari berlebih dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit? Faktanya, sinar ultraviolet yang terdapat pada bagian dari sinar matahari membawa pengaruh besar pada kesehatan kulit. Sinar ultraviolet atau biasa disebut dengan Sinar UV dikelompokkan ke dalam 3 jenis, yakni : ultraviolet A (UVA), ultraviolet B (UVB), dan ultraviolet C (UVC), tergantung pada panjang gelombang.

Sinar UV dalam jumlah kecil dapat bermanfaat untuk membantu tubuh menghasilkan Vitamin D. Akan tetapi, sinar UV dalam jumlah besar dapat berpotensi merusak asam deoxyribonucleid (DNA-bahan genetik tubuh) dan merubah jumlah serta jenis kimia yang  digunakan untuk membuat sel kulit. Selain itu, pengaruh buruk yang paling terlihat akibat dari paparan sinar matahari berlebih adalah kulit terbakar yang disebabkan oleh sinar UVB (Ultra Violet B). Efek kulit terbakar umumnya diakibatkan dari reaksi sel kekebalan tubuh pada kulit yang melepaskan histamin dalam jumlah besar. Histamin kemudian menyebabkan pembuluh darah membesar dan terjadinya peradangan akut pada kulit.

            Paparan sinar matahari berlebih juga dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik coklat pada kulit. Lebih jauh lagi, paparan ultraviolet A dan ultraviolet B pada tahap yang lebih tinggi dapat menyebabkan kanker melanoma ganas. Kanker tipe ini berasal dari melanosit kulit yang telah berubah menjadi sel kanker. Sedangkan sinar ultraviolet C atau yang biasa disebut dengan Sinar UVC merupakan jenis sinar UV yang paling berbahaya karena paling mudah menyebabkan kanker dan kerusakan pada kulit.

            Melihat dampak yang begitu membahayakan maka diperlukan cara yang tepat untuk menghindari bahaya sinar ultraviolet akibat sengatan sinar matahari berlebih. Menggunakan busana berwarna terang, pakaian berlengan panjang serta penggunaan sunblock dengan SPF 30 merupakan cara sederhana yang dapat anda lakukan, terutama bagi anda yang sering beraktivitas di bawah sinar matahari. Selain itu, gunakanlah Docare Wash Glove Disposable untuk kegiatan pembersihan tubuh atau untuk sekedar aktivitas refreshment tubuh dalam waktu singkat setelah seharian beraktivitas di bawah sengatan sinar matahari.

            Docare Wash Glove Disposable mengandung aloevera yang dapat memberikan sensasi sejuk pada kulit, serta berfungsi untuk melembabkan dan menjaga kulit anda agar tidak kering dan tetap terjaga kelembapannya. Untuk itu, bagi anda yang memiliki aktivitas padat diluar rumah, selalu sediakan dan gunakanlah DoCare Wash Glove Disposable sebagai cara bersih praktis dan higienis dimana saja anda berada. [VMH]

Comments are closed.

Request Our Brochures Now!

Name (required)

Email (required)

Company Name (required)

Phone

We will not distribute this information to anyone outside DoCare

PT. DoCare Laras Indonesia
Jl. Pulo Kambing No.16
Jakarta, Indonesia
(62-21) 461 3049
(62-21) 461 3050

chat with us